Sanggar Nazam Raja Jeumpa Gampong Batee Timoh Menjadi Pemenang Favorit Festival Parade Seni Budaya se-Kabupaten Bireuen.

Gampong Batee Timoh – Sanggar Nazam Raja Jeumpa Gampong Batee Timoh menjadi pemenang Favorit Festival Parade Seni Budaya se-Kabupaten Bireuen. Kegiatan Festival Parade Seni Budaya  ini bertujuan untuk memajukan seni tradisi setiap kecamatan yang menjadi ciri khas dan ikon 17 kecamatan di Bireuen. Kegiatan ini melibatkan 200 seniman tradisi yang bernaung di sanggar-sanggar di seluruh pelosok Kabupaten Bireuen.

Sanggar Nazam Raja Jeumpa Gampong Batee Timoh
Foto Sanggar Nazam Raja Jeumpa Gampong Batee Timoh
Dengan adanya acara Festival Parade Seni Budaya ini dapat menumbuhkan pengetahuan dan pemahaman para peserta tentang arti pentingnya nilai-nilai budaya daerah yang tercermin dalam kreativitas budaya masyarakat dan juga dapat bermanfaat sebagai media untuk mempromosikan berbagai macam budaya daerah yang kita miliki kepada masyarakat luar, baik dalam skala daerah maupun nasional.

Kegiatan Festival Parade Seni Budaya ini berlangsung 3-5 November 2018.
Lomba selama 3 hari ini, dewan juri telah memilih 6 penyaji terbaik. Penghargaan khusus, penyaji favorit dari dua tim kecamatan yang menyuguhkan tradisi budaya yang menarik.

Dewan juri Festival Parade Seni Budaya se-Kabupaten Bireuen yang terdiri dari Fikar W. Eda (penyair), Nur Mayda Atmaja (Ketua DKA) dan Ramdiana, S.Sn, M.Sn, (Dosen Unsyiah) memilih enam penyaji terbaik dan dua favorit pada festival tersebut.
Pemenang menerima thropi, piagam penghargaan serta hadiah yang diserahkan pada malam penutupan festival yang digelar Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen, Senin (5/11/2018) malam di halaman Meuligoe Bupati Bireuen.
Enam penyaji terbaik yaitu, kesenian Rabbani Wahed dari sanggar Rabbani Wahed Kecamatan Samalanga, Rapai dari Sanggar Geunta Aceh, Kecamatan Jangka, Seudati dari Sanggar Syeh Dan Geunta, Kecamatan Kota Juang.
Selanjutnya, apai Debus dari Rapai Singa Batee Kecamatan Peusangan Selatan, Rapai Pulot Grimpheng dari sanggar Rapai Jeumpa Puteh, Kecamatan Kutablang dan Seudati dari Sanggar Muda Sebaya, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng.
Sementara dua penyaji favorit adalah kesenian Dalail Khairat dari Sanggar Al Fata Gampong Blang Lancang, Kecamatan Jeuneib serta Meureukon dari Sanggar Nazam Raja Jeumpa Gampong Batee Timoh, Kecamatan Jeumpa.
Camat Jeumpa Menerima Thropi Untuk Sanggar Nazam Raja Jeumpa
Hadiah diterima camat dari masing-masing pemenang festival yang diserahkan pejabat Forkipimda Bireuen.

Most Trending